Musim Hujan Tiba. Jagalah Tempat tinggal dari Ancaman Banjir

Akhir-akhir ini frekwensi turunnya hujan makin kerap dalam durasi yang cukup lama serta tercurah dengan lebat juga. Bila keadaan ini selalu berlangsung jadi tidak tidak mungkin dapat mengakibatkan banjir.  Walau titik tempat banjir – terutama di Jakarta – selalu menyusut namun tidak ada kelirunya juga bila kita tetaplah mewaspadai terjadinya banjir.  Lepas dari apa pun pemicunya, banjir tentunya dapat membahayakan keselamatan keluarga Anda serta harta benda.  Karenanya simak langkah mencegah serta panduan ingindalian banjir yang didesain untuk menolong Anda, hingga Anda serta keluarga bisa lewat musim penghujan ini dengan lebih tenang. Mungkin saja menghindar banjir terdengar tidak mungkin untuk Anda, namun mungkin saja saja bila untuk mengaturnya. Ikuti panduan mengatur banjir ini hingga Anda bisa meminimalkan potensi rusaknya didalam serta diluar tempat tinggal Anda :

  1. Jagalah supaya selokan di lingkungan Anda bersih dari sampah hingga airnya mengalir lancar. Serta yakinkan juga saluran talang air dirumah Anda tak terhalang.
  2. Yakinkan selokan yang berperan sebagai jalur air hujan bebas dari kayu-kayu, batu, serta puing-puing yang bisa menyumbat salurannya hingga bisa bikin banjir yang mengakibatkan kerusakan tempat tinggal serta bangunan di sekelilingnya.
  3. Bila mungkin saja buat persiapan karung pasir untuk disediakan membendung aliran air yang bakal masuk ke halaman tempat tinggal Anda.
  4. Sebagai aksi mencegah, gunakan juga katup saluran pembuangan cadangan untuk menghindar air yang masuk dari saluran air dirumah Anda.
  5. Menghimpit kerugian akibat banjir. Perawatan teratur dirumah Anda yaitu langkah pertama untuk melindungi keluarga serta tempat tinggal Anda dari bahaya banjir. Karenanya kesiapan Anda dalam hadapi banjir juga tak kalah utamanya.  Serta beberapa penangggulangan internasional serta palang merah internasional merekomenndasikan langkah-langah serta aksi mencegah di bawah ini :
  • Kenali ketinggian banjir paling tinggi di ruang tempat tinggal Anda serta letakkan soket serta komponen listrik yang lain sekurang-kurangnya 12 inci diatas titik itu.
  • Tempatkan mesin pencuci, almari es, serta perlengkapan lain elektronik yang lain diatas beton sekurang-kurangnya 12 inci lebih tinggi dari titik ketinggian banjir dirumah Anda juga.
  • Sediakan “file banjir” dengan info utama seperti nomer polis asuransi Anda serta nomer kontak agen, serta kontak rekan-rekan maupun kerabat Anda yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat.
  • Simpan file ditempat yang aman (tinggi serta kering), serta biarlah asisten rumahtangga tahu letaknya waktu membutuhkannya.
  • Sediakan kotak tahan air yang diisi sekurang-kurangnya bekal untuk tiga hari seperti makanan kaleng, botol air, obat-obatan, peralatan pertolongan pertama, radio bertenaga baterai, senter, serta baterai cadangan.
  • Sediakan juga persediaan untuk bersih-bersih, duit tunai seperlunya, serta semua benda utama yang lain yang Anda perlukan dalam kondisi darurat. Bila Anda mempunyai hewan peliharaan, cermati juga keperluan mereka.  Panduan yang butuh Anda ingat  Jangan sampai jalan melalui aliran arus banjir ; lantaran arus yang nampaknya tenang meskipun bisa menyeret orang dewasa.
  • Jangan sampai berkendara melalui banjir. Bila Anda ada dalam mobil waktu mobil terendam banjir, keluarlah serta geser ke tempat yang lebih tinggi.
  • Jauhi kontak dengan jaringan listtrik meskipun dalam keadaan padam.
  • Cermati binatang liar seperti ular. Saat banjir mereka mungkin saja bakal keluar dari sarangnya serta berlindung dirumah Anda.
  • Lakukan merebus air untuk minum serta persiapan makanan.
  • Saat Anda kontak segera dengan air banjir atau mungkin dengan benda pembersih yang dipakai waktu banjir, pakai sepatu bot serta sarung tangan, serta bersihkan tangan Anda seringkali, pakai sabun serta air bersih.
  • Jamur bisa tumbuh dengan cepat. Singkirkan benda yang basah selekasnya untuk menghindar jamur berkembang dirumah Anda.  Banjir yaitu hal yang butuh diwaspadai oleh kebanyakan orang. Berbekal alat serta info yang pas seperti pada artikel ini jadi Anda bisa meminimalisir efek banjir untuk Anda serta orang yang Anda cintai.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s